Struktur
pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja
perusahaan dalam pasar, seperti jumlah prusahaan, skala produksi, dan jenis
produksi. Struktur pasar yang kompetitif adalah struktur pasar dimana
perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya sama sekali tidak mempunyai
kemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang di pasar. Semakin lemah
kemampuan perusahaan-perusahaan tersebut, semakin kompetitif struktur pasarnya.
·
Pasar persaingan sempurna (perfect
competition)
Pasar
persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga
penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya
berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang
dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk
terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal
dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan
iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk. Lihat Selengkapnya silahkan klik download.
Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar