Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, dan sebagai bahan perbandingan akan disampaikan beberapa pendapat sebagai berikut :
1. Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define organization as a system of cooperatives of two more persons)
2. James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
3. Menurut Dimock, organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose” (organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan).
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang (sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin dicapai,
Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Adapun ciri-ciri organisasi:
o Mempunyai tujuan & sasaran yang ingin dicapai
o Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
o Adanya kerja sama dari sekelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal
o Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang serta pengawasan agar tidak terjadi kesalahan
o Adanya kegiatan yang berbeda-beada, tetapi satu sama lain saling berkaitan (Interdependent Part) yang merupakan kesatuan kegiatan
o Tiap-tiap orang meberikan sumbangan atau kontribusinya berupa: pemikiran, tenaga, dan lain-lain,
sumber 1
http://blogbagi2.blogspot.com/2012/05/defenisi-dan-ciri-ciri-organisasi.html
sumber 2
http://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/
sumber 1
http://blogbagi2.blogspot.com/2012/05/defenisi-dan-ciri-ciri-organisasi.html
sumber 2
http://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar